Label:

9 Cara Menghilangkan Daki Hitam Pada Kulit Leher Secara Alami

Cara Menghilangkan Daki Hitam Pada Kulit Leher Bagian Belakang Secara Alami – Daki Merupakan kumpulan kotoran yang apabila didiamkan saja atau tidak dibersihkan dalam jangka waktu yang lama maka daki tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi berwarna hitam. Bisa kita lihat, daki kerap muncul pada bagian tubuh yang memiliki lipatan-lipatan seperti, leher bagian belakang, ketiak, siku, dan selangkangan. Untuk area selangkangan atau ketiak setidaknya masih tertutupi oleh kain pada tubuh, nah bagaimana dengan leher bagian belakang? Untuk wanita tentu bisa diatasi dengan menggunakan penutup seperti jilbab, sedangkan untuk pria? Maka tidak ada pilihan lain selain menghilangkannya.
Cara Menghilangkan Daki Hitam Pada Kulit Leher Bagian Belakang Secara Alami
Cara Menghilangkan Daki Hitam Pada Kulit Leher Bagian Belakang Secara Alami
Banyak orang yang tidak memperdulikan munculnya daki pada kulit leher bagian belakang, sehingga daki atau noda kotoran yang awalnya sedikit maka lama-kelamaan akan menumpuk dan membandel. Tentu saja daki ini akan mengeras dan susah untuk dihilangkan. Dan jika daki pada kulit leher sudah mengeras, maka kulit leher akan menghitam. Nah untuk menghilangkan daki yang sudah membandel tentu saja membutuhkan usaha ektra keras untuk menghilangkan noda membandel pada kullit leher bagian belakang, sehingga kulit akan nampak putih sehat kembali.

Cara menghilangkan daki pada leher bagian belakang sebenarnya tidak terlalu susah, hanya saja memang membersihkan daki di leher bagian belakang sedikit menyulitkan karena tidak terlihat oleh mata kita. Tapi tenang saja asal anda rajin membersihkan lipatan-lipatan kulit yang berdaki dengan cara alami dengan langkah yang benar, maka cepat atau lambat daki tersebut akan hilang dan kulit nampak bersih seperti sedia kala.

Sebelum kita membahas lebih jauh cara untuk menghilangkan daki pada leher bagian belakang, alangkah lebih baik anda mengetahui penyebab-penyebab yang dapat menimbulkan daki membandel pada area kulit yang memiliki lipatan-lipatan. Tentu saja dengan mengetahui penyebabnya maka anda dapat melakukan pembersihan daki dengan maksimal karena sudah didasari oleh penyebab munculnya daki pada area leher.

Penyebab Munculnya Daki Pada Leher

Berikut ini beberapa penyebab yang menyebabkan munculnya daki pada area kulit yang memiliki lipatan-lipatan :

1. Adanya gangguan pigmen atau zat warna kulit yang biasa disebut dengan nama ilmiah sebagai acanthosis nigircans. Penyakit ini sangatlah umum, dan tidak menimbulkan infeksi dan tidak dapat menular. Penyakit ini hanya gangguan pada pigmen.

2. Faktor usia yang semakin tua, tentu saja membuat kulit semakin kriput. Usia yang semakin tua merupakan faktor penyebab utama dalam perubahan warna gelap pada bagian tubuh yang berdaki.

3. Terlalu Sering terkena paparan sinar matahari secara langsung. hal ini dapat memacu tubuh memproduksi keringat menjadi tinggi. Nah, Keringat – keringat inilah yang dapat mengangkut kotoran yang menempel dan menumpuknya daki pada kulit, tentu saja ini dapat menimbulkan daki yang susah untuk dihilangkan.

4. Berbagai macam penyakit yang menyerang manusia, diantaranya seperti diabetes, penyakit genetika, sindrom polikisti ovarium, dan lain sebagainya.

5. Jarang menjaga kebersihan diri, sehingga dapat menyebabkan kotoran dan keringat akan menumpuk pada bagian kulit yang memiliki lipatan – lipatan. Hal ini dapat terjadi karena pada area lipatan, sering terjadi gesekan-gesekan antar kulit dalam aktivitas sehari-hari.

6. Gesekan baju dan celana dalam pada kulit selangkangan. Akibat menggunakan celana dalam yang terlalu ketat dan jarang mengganti celana dalam juga salah satu faktor penyebab munculnya daki dan kehitaman pada kulit sekitar selangkangan. Hal ini juga dapat memicu munculnya jamur pada kulit akibat suhu yang terlalu lembab.

7. Bagian tubuh yang jarang tersentuh dan dibersihkan dapat menyebabkan daki menumpuk. Bagian punggung merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat jarang disentuh oleh diri kita, maka tidak heran jika banyak daki atau kotoran yang menumpuk dan sangat sesudah untuk dihilangkan. Cara yang paling efektif yaitu meminta orang lain untuk membersihkan punggung kita.

8. Akibat banyaknya sel – sel kulit mati yang menumpuk. Selain karena faktor luar pada tubuh, faktor dalam tubuh juga memiliki peran dalam munculnya daki pada kulit. Tubuh terdiri dari jutaan sel-sel kecil. Maka ketika sel-sel tersebut mati dan sel tersebut akan terlepas dan berganti dengan sel baru. Nah begitu juga dengan kulit, kulit akan mengelupas dan berganti dengan kulit yang baru.

Nah setelah anda mengetahui faktor penyebab yang mempengaruhi munculnya daki membandel pada kulit leher, sekarang sebaiknya anda mencoba cara untuk menghilangkan daki dengan menggunakan cara alami. Cara ini terbukti ampuh dan aman karena memang menggunakan bahan-bahan herbal yang sangat aman bagi kulit.

Cara Menghilangkan Daki Membandel pada Leher

Sebenarnya sudah banyak sekali cara alami untuk menghilangkan daki yang bertebaran di internet. Akan tetapi belum tentu cara yang bertebaran tersebut ampuh untuk menghilangkan daki pada leher bagian belakang. Oleh sebab itu saya akan merangkumkan cara alami yang sudah terbukti ampuh untuk menghilangkan daki, penasaran? yu simak cara dibawah ini.

1. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Cara Menghilangkan Daki Hitam Pada Kulit Leher Secara Alami
Menghilangkan daki dengan lidah buaya
Lidah buaya atau yang biasa disebut dengan nama ilmiah aloe Vera merupakan salah satu jenis lightener atau pencerah kulit alami yang memiliki khasiat untuk memutihkan kulit dan dapat melembabkan kulit. tentu saja ini dapat mencerahkan warna kulit sehingga kulit bisa terlihat sehat dan cantik alami. Selain itu, gel lidah buaya juga dapat mengurangi noda bintik hitam membandel pada kulit yang membuat kulit tampak bersih. Tumbuhan lidah buaya juga mengandung zat antioksidan dan berbagai senyawa lainnya yang dapat membantu perbaikan sel – sel kulit yang rusak serta menghasilkan sel – sel kulit yang baru.

Jadi lidah buaya juga mampu membuat kulit tampak lebih awet muda dengan meregenerasi sel – sel kulit mati.

Hal ini tentu saja akan membuat kulit kita tampak bersih berseri dan kulit lebih terlihat awet muda. berikut cara yang dapat anda lakukan untuk memanfaatkan tumbuhan Aloe Vera atau Lidah Buaya sebagai berikut :
  1. Pertama potong dan kupas kulit lidah buaya.
  2. Lalu ambil bagian gel yang ada pada lidah buaya, kemudian oles dan gosokkan pada bagian tubuh yang terdapat daki membandel.
  3. Pijatlah secara pelan dan lembut untuk mencegah gesekan terlalu keras pada permukaan kulit.
  4. Selanjutnya diamkan selama 20 -30 menit sampai gel lidah buaya mengering.
  5. Kemudian jika sudah didiamkan selama 20 menit, cucilah bagian tubuh tersebut dengan menggunakan air hangat.
Anda dapat melakukan langkah – langkah tersebut secara teratur setiap 1 kali dalam sehari hingga mendapatkan perubahan pada kulit.

2. Buah Mentimun

Cara Menghilangkan Daki Hitam Pada Kulit Leher Secara Alami
Menghilangkan daki pada kulit dengan mentimun
Buah Mentimun selain dapat digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat juga dapat digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan daki pada leher. Mentimun memiliki khasiat dalam memperbaiki warna kulit gelap akibat daki yang membandel. Pada dasarnya mentimun memiliki sifat yang sejuk jika digunakan pada permukaan kulit. bukan hanya itu saja, mentimun juga dapat membantu mengangkat noda dan sel-sel kulit mati sehingga kulit tampak bersih alami.

Ada dua cara dalam memanfaatkan buah mentimun untuk menghilangkan daki membandel secara alami, anda dapat memilih salah satu cara yang menurut anda efektif dan mudah untuk dilakukan. Berikut cara yang bisa anda lakukan.

Cara pertama:

  1. Parut mentimun hingga halus, atau anda bisa menjadikannya sebagai jus.
  2. Kemudian tempelkan hasil parutan tersebut keseluruh bagian kulit yang berdaki hingga merata.
  3. Lakukan gerakan memijat pelan untuk membantu mengangkat noda dan sel kulit mati, lakukan cara ini hingga 10-15 menit.
  4. Biarkan sejenak, anda akan merasakan kesejukan dari buah mentimun ini, kemudian bilas menggunakan air bersih.

Cara kedua:

  1. Buatlah dua jenis jus, yaitu jus mentimun dan jus lemon.
  2. Kemudian campurkan jus mentimun dan jus lemon dengan perbandingan 1 banding 1
  3. Lalu tempelkan campuran jus tersebut pada area kulit yang berdaki dengan menggunakan alat bantu kapas.
  4. Selanjutnya diamkan selama 10-20 menit hingga campuran jus pada kulit mengering.
  5. Kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih.
Anda dapat menggunakan cara ke satu atau kedua, seusai selera aja. Pastikan anda juga melakukan cara ini secara teratur setiap hari supaya daki membandel pada kulit cepat hilang.

3. Kulit Jeruk

Cara Menghilangkan Daki Hitam Pada Kulit Leher Secara Alami
Bahan alami untuk menghilangkan daki dengan kulit jeruk kering
Menurut penelitian tidak hanya buah jeruk yang kaya akan Vitamin C, akan tetapi kulit jeruk juga memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi.

Kulit jeruk memiliki khasiat untuk merawat kulit tubuh, salah satunya untuk menghilangkan daki membandel. Kulit jeruk juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk pembersih serta pemutih kulit.
  1. Cara pertama yaitu dengan mengeringkan kulit jeruk. Tapi perlu anda ingat, jangan menjemurnya di bawah terik sinar matahari secara langsung. Sebaiknya hindari sengatan sinar matahari secara langsung.
  2. Anda bisa mengeringkan kulit jeruk dengan menaruh kulit jeruk diruangan terbuka, kemudian tunggu hingga kulit jeruk hingga mengering.
  3. Kemudian giling kulit jeruk yang sudah kering sampai lembut menjadi bubuk.
  4. Lalu tambahkan susu bubuk dengan perbandingan 1:1, lalu aduk sampai merata hingga menjadi pasta.
  5. Langkah selanjutnya, oleskan pasta jeruk dan susu hingga merata pada area sekitar leher, ketiak , dan selangkangan.
  6. Lalu biarkan hingga kering kurang lebih 15-20 menit, dan cucilah dengan menggunakan air dingin.
  7. Vitamin C dan dan senyawa antioksidan pada kulit jeruk dapat membantu untuk mencerahkan kulit.
  8. Sedangkan susu dapat membantu untuk membersihkan daki secara alami dan memberikan efek cerah pada kulit leher.
Anda dapat melakukan cara tersebut secara teratur setiap hari untuk menghilangkan daki membandel pada area kulit.

4. Baking Soda

Cara Menghilangkan Daki Hitam Pada Kulit Leher Secara Alami
Baking soda untuk menghilangkan daki
Baking soda bermanfaat sebagai exfoliant kulit alami yang dapat membersihkan kulit berdaki secara perlahan tapi pasti.

Campuran antara air dengan baking soda terbukti sangat efektif untuk menghilangkan hiper-pigmentasi yang dapat menimbulkan daki pada area kulit tubuh.

Cara menghilangkan daki pada kulit leher dengan menggunakan baking soda sebagai berikut :
  1. Pertama, campurkan baking soda dengan air untuk membuat pasta.
  2. Lalu oleskan pada bagian kulit yang berdaki dan biarkan sampai adonan benar – benar meresap pada
  3. Kulit atau sampai mengering, kira-kira 20-25 menit.
  4. Kemudian Bilas kulit anda sampai benar-benar bersih dengan menggunakan air dingin.
Lakukan cara ini setiap hari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Air Cucian Beras

Cara Menghilangkan Daki Hitam Pada Kulit Leher Secara Alami
Air beras untuk menghilangkan daki membandel
Siapa sangka jika bekas air cucian beras dapat bermanfaat untuk menghilangkan daki membandel. Tentu saja ini benar adanya, cara menggunakan bahan alami ini juga terbilang sangatlah mudah.
Caranya yaitu ketika sedang mencuci beras untuk pertama kalinya, tampung dan gunakan air cucian beras tersebut untuk digosokkan pada area kulit yang berdaki secara lembut dan merata. Kemudian tunggu hingga 10-20 menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

6. Kacang Almond

Menghilangkan daki dengan kacang almond
Menghilangkan daki dengan kacang almond
Kacang almond memiliki kandungan vitamin yang sangat penting bagi kesehatan kulit tubuh. Bukan hanya itu saja, kacang almod juga memiliki sifat yang dapat menghilangkan perubahan warna kulit. kacang almod dapat digunakan untuk menghilangkan daki membandel dengan tiga cara ampuh berikut ini.

1. Cara Pertama

  • Cara pertama ini merupakan cara yang sangat sederhana, anda dapat membuat pasta dengan menggunakan setengah sendok teh almond yang sudah dihaluskan menjadi bubuk dan campuran madu.
  • Kemudian oleskan pasta campuran bubuk almod dan madu pada bagian belakang area leher.
  • Lalu diamkan selama 30-40 menit hingga pasta benar-benar mengering.
  • Setelah selesai, kemudian bilaslah menggunakan air bersih.
  • Anda dapat melakukan cara ini 2 sampai 5 kali dalam seminggu.
  • Untuk area ketiak, selangkangan lakukan cara yang sama seperti diatas hingga daki benar-benar hilang.

2. Cara kedua

  • Pertama, Hangatkan lah sedikit minyak almond dan kemudian pijat secara lembut pada bagian belakang leher, ketiak, maupun selangkangan.
  • Lakukan cara ini hingga selama beberapa kali dalam sebulan, ini berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah pada daerah – daerah yang telah dioles dengan menggunakan adonan buah almod. Minyak juga dapat sebagai pelembab alami yang dapat membuat kulit lebih cerah dan bersih.

3. Cara ketiga

  • Rendamlah 5-8 biji buah almod selama satu malam penuh.
  • Lalu ketiga pagi datang, kemudian biji buah almod yang sudah direndam lalu digiling sampai lembut hingga menyerupai pasta.
  • Setelah itu, oleskan pasta tersebut pada area kulit yang memiliki daki membandel dan gosok secara lembut selama 3-4 menit.
  • Selanjutnya bilas sisa pasta yang menempel pada kulit dengan menggunakan air bersih.

Anda dapat melakukan cara tersebut 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Dan pastikan anda melakukan cara ini secara teratur supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Buah Lemon

Cara Menghilangkan Daki Hitam Pada Kulit Leher Secara Alami
Menghilangkan daki dengan buah lemon
Lemon selain berkhasiat untuk memutihkan kulit wajah secara alami ternyata dapat digunakan juga untuk menghilangkan daki membandel. Pada dasarnya buah lemon memiliki kandungan zat asam sitrat yang merupakan zat pemutih alami yang dapat membuat kulit terlihat bersih dan cantik.

Buah lemon juga kaya akan Vitamin C, vitamin ini tentu saja sangat berguna untuk membantu mengangkat sel mati pada kulit. oleh sebab itu, buah lemon sangat ampuh digunakan untuk menghilangkan daki membandel.

Cara meracik buah lemon untuk menghilangkan daki membandel sebagai berikut:
  1. Pertama. Peras lemon hingga mendapatkan airnya.
  2. Kemudian oleskan air lemon dengan menggunakan kapas dan tempelkan ke area kulit yang berdaki.
  3. Tunggu beberapa saat, jika anda memiliki jenis kulit yang sensitif, maka anda dapat menambahkan sedikit air untuk dicampurkan ke perasaan air lemon.
  4. Lalu diamkan selama 20-40 menit hingga air benar-benar meresap ke permukaan kulit.
  5. Selanjutnya cuci kulit anda dengan menggunakan air bersih.
Patikan anda menjaga bagian tubuh yang sudah diolesi perasaan lemon agar tidak terkena sinar matahari secara langsung.

8. Jus kentang

Cara Menghilangkan Daki Hitam Pada Kulit Leher Secara Alami
Kentang sebagai bahan untuk menghilangkan daki
Kentang merupakan jenis umbi-umbian yang memiliki enzim catecholase yang dapat digunakan untuk memutihkan dan mencerahkan kulit gelap. Oleh sebab itu, kentang sangat di anjurkan sebagai bahan alami untuk menghilangkan daki membandel. Eits, ternyata kentang juga bermanfaat sebagai masker kecantikan loh.
Cara yang pertama yaitu dengan menggiling kentang lalu tempelkan pada area kulit yang berdaki, kemudian biarkan selama 15-20 menit dan kemudian cuci sampai bersih dengan menggunakan air dingin.
Cara kedua yaitu dengan mencampur racikan jus lemon dengan jus kentang secara bersama – sama dan di oleskan pada wilayah kulit yang berdaki seperti pada kulit leher, ketiak, selangkangan. Selanjutnya biarkan selama 15 hingga 20 menit, kemudian bilas sampai bersih dengan menggunakan air dingin.
Anda dapat melakukan cara tersebut setiap hari, pastikan anda melakukannya secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Cara ini juga sangat efektif untuk menghilangkan bintik – bintik gelap bekas jerawat pada kulit wajah.

9. Yogurt

Cara Menghilangkan Daki Hitam Pada Kulit Leher Secara Alami
Yogurt sebagai bahan untuk menghilangkan daki
Cara terakhir ini merupakan cara yang sudah sangat populer. Yap benar sekali, Yogurt dapat menjadi alternatif untuk membersihkan kulit supaya lebih bersih dan cerah. Kandungan asam pada yogurt bermanfaat untuk menghilangkan kotoran pada kulit. sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan daki membandel. yogurt juga dapat digunakan untuk memerahkan bibir secara alami.
Cara yang pertama yaitu dengan mencampurkan yogurt dengan bubuk kunyit dengan perbandingannya 1 banding 1. Kemudian oleskan pada area kulit yang berdaki, setelah itu biarkan selama 15-25 menit, lalu cuci sampai bersih dengan menggunakan air hangat.
Cara kedua yaitu dengan mencampur yogurt dengan jus lemon, dengan perbandingan 1:1. kemudian oleskan pada kulit berdaki dan biarkan selama 15-25 menit dan kemudian bilas menggunakan air bersih.
Cara ketiga yaitu dengan menambahkan susu krim pada yogurt. Caranya, oleskan campuran yogurt pada area kulit yang kotor dan pijat dengan lembut selama kurang lebih 10 menit. Kemudian cucilah kulit dengan menggunakan sabun yang terbuat dari bahan susu. dianjurkan untuk menambahkan air jeruk nipis. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.
Anda dapat melakukan cara tersebut sebanyak tiga atau empat kali dama setiap minggu.

Setelah saya merangkumkan 9 cara diatas, anda dapat mempraktekan salah satu cara saja untuk menghilangkan daki yang membandel pada area leher bagian belakang. Tentu saja dengan menggunakan bahan alami, anda harus benar-benar telaten dan bersabar. Karena cara tersebut membutuhkan waktu minimal 2 minggu untuk melihat hasilnya.

Nah, Jika anda sudah mempraktekan 9 cara alami menghilangkan daki pada leher, pastinya sudah mendapatkan hasil yang memuaskan. Sebaiknya hindari bahan-bahan yang dapat membuat kulit anda iritasi, karena jenis kulit setiap orang berbeda-beda. Untuk itu pilihlah bahan yang aman bagi kesehatan kulit anda. untuk itu saya akhiri artikel ini, terimakasih dan semoga bermanfaat, wassalam.

Artikel Cara Alami Tentang Hidup Sehat seperti Perawatan Tubuh dan Kecantikan.